Yuk Mom Ketahui Rumah Gazebo dari Jepara

Gazebo dan rumah kayu adalah kombinasi yang sangat sempurna ketika membangun hunian. Pasalnya gazebo yang ada di depan rumah tidak hanya berguna secara aspek fungsional. Akam tetapi gazebo ini juga bermanfaat untuk menambah unsur estetika didalamnya. Secara fungsi kita tahu bahwa gazebo adalah tempat berkumpul dan bertemu. Biasanya gazebo yang dibangun itu memiliki lebar dan panjang yang memuat orang sampai 10-25 orang. Akan tetapi besarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Rumah Kayu Gazebo adalah kombinasi keduanya. Jadi gazebo disini fungsinya sebagai suatu bangunan yang menyempurnakan arsitektur dari rumah. Cara membuatnya pun bisa disesuaikan dengan desain di rumah. Desainnya harus sesuai karena agar gazebo tidak njomplang terkait warna dan teksturnya. Apabila rumah terbuat dari beton dan terkesan modern. Maka gazebonya bisa disesuaikan dengan model rumah meskipun bahannya tetap dari kayu. Sedangkan kalau rumah kita didominasi oleh kayu maka pilihlah bahan gazebo yang terbuat dari kayu juga.

Karena sangat tidak lucu jika gazebo yang terbuat dari beton tetapi rumah kita malah terbuat dari kayu. Dari segi arsitektur akan terlihat buruk. Ataupun jika memang menghendaki seperti itu, kita bisa menambahkan beberapa aksen di bangunan tersebut. Misalnya aksen atap kayu, atau bahan lainnya. Misalnya memilih beton maka gunakanlah cat yang berwarna gelap atau disesuaikan dengan warna kayunya.

Jika dilihat dari bentuk, maka baik rumah terbuat dari kayu ataupun beton maka tidak masalah. Satu hal yang penting kombinasi desain tetap harus diperhatikan. Material pun sama. Kita bisa memilih material terbaik dengan satu jenis dengan rumah kita. Sebenarnya rumah kayu dengan gazebo hampir mirip. Hanya saja gazebo adalah representasi dari rumah kayu. Sedangkan rumah kayu adalah versi terbesar dari gazebo.

 

Jika tertarik membangun gazebo, maka perhatikan lagi luas rumah dan juga luas halaman. Hal ini agar pembuatan gazebo tidak terlalu mekso. Mekso ini maksudnya dipaksakan. Karena akan sulit kita membangun gazebo jika luas halaman rumah kita kecil. Jika dilihat dari segi arsitektur maka sangat tidak dinamis.

Tentang Saung Gazebo

Saung dan gazebo sebenarnya mirip. Hanya saja bahasa daerah untuk gazebo adalah saung. Tampaknya bukan hanya berbeda dari penamaannya saja. Secara struktur,gazebo dan saung juga berbeda. Gazebo memiliki struktur yang jauh lebih modern daripada saung. Sementara saung dibuat secara sederhana dan menjaga nilai estetikanya. Berikut ini adalah informasi tentang saung gazebo secara ringkas.

Material Saung Gazebo

Dari material yang dipilih, saung biasanya mengutamakan bahan material yang bertemakan alam. Misalnya kayu-kayuan alam, atap rumbia dan lainnya. Sementara gazebo memiliki bentuk serta material yang lebih fleksibel. Bahkan banyak gazebo yang sudah dibuat secara modern dengan bahan material berupa beton.

Fungsi Saung Gazebo

Baik suang maupun gazebo sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Keduanya adalah tempat pertemuan yang berada di luar ruangan. Saung atau gazebo ini dibuat di luar rumah untuk pengganti dari ruang tamu. Rumah Modern sering kali berubah fungsi ruang tamunya. Di rumah modern mereka biasanya menerima tamu khususnya tamu dekat di gazebo atau saung. Apalagi kalau tamunya sendiri cukup banyak.

Pebuatan Saung Gazebo

Pembuatan saung atau gazebo ini biasanya tanpa dinding. Hal ini melambangkan keterbukaan yang mampu mengikat antara satu dengan lainnya. Sehingga keakraban lebih terjalin. Pada. Bagian rangkanya, saung memiliki bentuk persegi dengan tiang penyangga empat buah di setiap sudutnya. Tiang penyangga ini dikaitkan dengan atap yang biasanya berbentuk limas ataupun lingkaran. Atap bangunan yang satu ini biasanya terbuat dari bahan alami khususnya bagi jenis saung. Bahan alami dianggap mampu memberikan efek kesejukan dan keasrian ketika digunakan. Jenisnya biasanya anyaman kepang, daun rumbia, atau ijuk.

Cara Membeli Saung Gazebo

Untuk kamu yang tidak ingin membuat saung gazebo sendiri, kamu bisa memesannya di mitrafurniture.co.id. Sehingga kamu bisa memesan saung gazebo dengan model dan desain sesuai dengan yang dinginkan.

Sementara itu pada bagian dasarnya biasanya lesehan atau menggunakan kursi. Pada saung atau gazebo yang umum biasanya menggunakan media lesehan. Sementara saung yang lebih modern sudah dilengkapi dengan kursi dan juga meja. Sebenarnya, saung akan lebih hidup ketika dibuat lesehan. Pada jaman dahulu gazebo ini digunakan untuk pos ronda semakin lama bentuknya diadaptasi menjadi gazebo, saung atau balai balai. Tentu saja fungsinya hampir sama dengan pos ronda yaitu untuk berkumpul dan mengikat tali silaturahmi.

Baca Juga:

You may also like...