Tanda-Tanda Kehamilan yang Pasti dalam Kurun Waktu 1-5 Bulan

Tanda-tanda kehamilan itu ada yang pasti dan yang tidak pasti. Khususnya untuk periode 2 bulan pertama. Jika Mom mengalami tanda seperti ngidam, mual, dan kelelahan akut pasca berhenti menstruasi, belum tentu sebagai tanda pasti hamil. Bisa jadi karena PMS atau gangguan kesehatan. Sedangkan yang pasti, inilah tanda-tandanya.

A. Adanya Hasil Positif ketika Tes Kehamilan

Cara mengecek dengan tes cukup sering dilakukan oleh calon ibu yang terindikasi hamil. Biayanya yang murah membuat siapa pun bisa mengeceknya sendiri. Caranya sangat mudah, tinggal cek saja lewat urin yang keluar. Nanti kelihatan apakah positif hamil atau negatif. Hasil positif yang muncul memiliki kemungkinan besar seperti itu.

Sedangkan untuk mengecek tanda-tanda kehamilan yang lebih akurat, datang saja ke dokter. Dengan keahliannya, bukan cuma urin yang dites, melainkan hormon HCG yang terdapat pada urin maupun bagian tubuh terkait. Cara ini bisa 2 kali atau 3 kali lebih akurat. Jika ingin mengecek sendiri, lebih baik cek beberapa hari ketujuh setelah berhubungan intim.

B. Adanya Tanda Chadwick

Tanda-tanda kehamilan yang pasti selanjutnya adalah terdapat tanda chadwick. Perubahan yang terjadi berada di sekitar vagina, terutama di selaput lendir. Secara berkelanjutan, warnanya akan berubah semakin ungu dari hari ke hari kalau memang hamil. Kemunculan tanda ini terjadi pada waktu kehamilan memasuki usia 6 minggu pertama.

Darah yang berada di vagina, serviks, dan labia akan merespons perubahan tingkat hormon. Kalau tidak ungu, warnanya berubah jadi biru. Warna yang timbul itu diakibatkan adanya kemacetan vaskular yang tengah terjadi. Titik-titik akan muncul. Sedangkan jumlahnya per individu itu berbeda-beda. Nantinya, ketika perut membesar, tanda chadwick makin jelas.

C. Adanya Tanda Bracton Hicks

Kemunculan tanda ini terjadi pada minggu ke-20. Bisa juga disebut sebagai tanda-tanda kehamilan usia muda. Pada minggu ke-20, produksi air ketuban akan lebih banyak. Air tersebut akan menggoyangkan uterus sehingga janin dalam kandungan Mom melenting-lenting. Dalam ilmu medis, kondisi seperti ini disebut ballottement.

Pada kondisi tersebut, kerapkali ibu muda merasa seperti ingin melahirkan setelah melihat aktivitas dalam kontraksi tersebut. Tapi, ternyata situasi tersebut bukanlah tanda akan melahirkan. Meskipun lebih sering terjadi di trimester kedua, tapi juga terjadi pada akhir trimester ketiga dengan frekuensi gerakan yang terus meningkat.

D. Adanya Tanda Piskacek

Pada proses implantasi, kondisi uterus akan membesar seiring waktu. Teksturnya berubah menjadi tidak rata dan bahkan bisa tampak lebih menonjol daripada sebelumnya. Tanda ini akan tampak pada usia kehamilan 5 minggu. Bagian daerah telur yang bernidasi lebih cepat tumbuh. Hal itulah yang menyebabkan uterus membesar dengan jalan satu arah saja.

E. Adanya Tanda Hegar

Tanda-tanda kehamilan ini terjadi pada usia sekitar 4-8 minggu pertama. Cara mengeceknya dengan meletakkan dua jari kepada forniks posterior. Sedangkan tangan lainnya ditempatkan di dinding perut. Persisnya di atas simpisis pubis. Pada korpus uteri akan terasa seakan-akan terpisah pada bagian serviks.

Dalam ilmu anatomi fisiologi kewanitaan, forniks posterio ini berada di serviks. Bersamaan dengan forniks anterior dan forniks lateral kanan-kiri. Sedangkan korpus uteri berada pada lapisan paling luar dan menempel pada bagian-bagian kelamin wanita. Di situlah terletak banyak hormon ovarium yang berkaitan dengan usia kematangan ibu hamil.

Tanda-tanda kehamilan tersebut memang berbeda-beda periodenya. Ada yang dalam 1 bulan pertama, ada pula yang lebih dari itu. Dengan mengetahui tanda tersebut, tentu Mom akan lebih tahu kepastiannya. Bukankah hamil muda pada perut Mom sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Bila betul kelima tanda tersebut muncul, selamat berbahagia, Mom.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *