Review Pilihan Empeng Bayi Berkualitas Dari Dr Brown’s

Pacifier atau yang juga disebut sebagai empeng atau kempeng selalu menjadi salah satu produk yang harus ada untuk bayi. Pacifier bisa dibilang sebagai produk untuk memenuhi kebutuhan bayi untuk menghisap. Kempeng sudah ada sejak lama dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Pacifier sudah digunakan sejak dulu karena memang sangat membantu.

Pacifier memiliki bentuk yang pipih atau ortodontik namun ada juga yang memiliki bentuk yang mirip dengan puting pada botol susu atau dot. Sebagian negara juga sudah memiliki peraturan bahwa pacifier haruslah terbuat dari bahan-bahan yang aman.

Apakah Penggunaan Empeng Aman Untuk Gigi Bayi?

Setiap orang tua tentu ingin memberikan keamanan dan kenyamanan kepada bayi. Bayi memiliki kebiasaan untuk menghisap atau menggigit sesuatu agar merasa nyaman. Inilah mengapa bayi seringkali memasukkan tangan mereka ke dalam mulut atau barang-barang yang dapat dijangkaunya. Apa saja akan dimasukkan ke dalam mulutnya.

Daripada anak asal menghisap barang-barang yang ada di sekitarnya di mana kita tidak tahu apakah barang tersebut aman atau memiliki bakteri, maka bisa memberikan bayi empeng atau pacifier ke dalam mulutnya. Dengan ini bayi akan merasa nyaman dan tetap aman. Namun penggunaan pacifier membuat sebagian orang tua khawatir apakah dapat menimbulkan masalah pada pertumbuhan gigi bayi mereka.

Biasanya saat bayi menghisap sesuatu, rahang bagian dalam akan bergerak ke dalam dan rahang bagian depan akan bergerak ke depan. Apabila bayi dibiarkan menghisap barang-barang tertentu maka hal ini memang dapat mengubah bentuk rahang bayi dan mengganggu pertumbuhan gigi bayi. Meskipun begitu, bentuk rahang masih dapat diperbaiki sebelum berusia 2 tahun yang nantinya dapat merubah bentuk rahang.

Biasanya penggunaan empeng disarankan untuk dikurangi saat bayi berusia 1 tahun untuk mencegah perubahaan rahang bayi. Selain itu, pemilihan empeng yang tepat juga dapat membantu mencegah resiko terjadinya perubahan bentuk rahang dan masalah pertumbuhan gigi bayi.

Salah satu empeng yang direkomendasikan yaitu Dr Brown’s Prevent Pacifier yang telah dilengkap dengan fitur Suction Free Air Channel. Fitur ini bertujuan untuk mencegah perubahan rahang bayi dan juga agar tidak ada masalah pada pertumbuhan gigi bayi dengan mengurangi tekanan pada langit-langit mulut.

Bagian bentuk dot memiliki bentuk yang gepeng sehingga akan mengurangi jarak antara rahang bawah dan rahang atas sehingga mulut bayi tidak terbuka dengan lebar dan lebih menutup saat menggunakan empeng.

Meskipun banyak yang khawatir dengan penggunaan empeng, empeng dapat memberikan banyak manfaat seperti membantu bayi tidur lebih nyenyak, menenangkan bayi yang rewel, dan juga mengurangi resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrom). Asalkan pemilihan empeng sesuai maka Mom bisa mencegah resiko ini terjadi.

Empeng Dr Brown’s Berkualitas

Penggunaan empeng memang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebenarnya asalkan Mom memahami cara penggunaannya dan selalu mengawasi si kecil, Mom akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan empeng daripada kekurangannya.

Ada banyak sisi positif dari penggunaan empeng dilihat dari banyaknya Mom yang masih menggunakan empeng hingga saat ini terutama untuk membantu menenangkan bayi karena bentuknya yang mirip dot bayi dan puting ketika Mom sibuk misalnya harus cuci piring, membersihkan botol, membereskan rumah, dan lainnya atau bahkan saat ke toilet.

Dr Brown’s masih memiliki banyak pilihan empeng lainnya salah satunya yaitu Dr Brown’s Advantage Pacifier. Empeng ini memiliki bentuk yang pas sehingga dapat membuat bayi nyaman tanpa membuat mulutnya lelah saat menghisap empeng. Bayi juga bisa menghisap empeng lebih lama karena merasa nyaman.

Lalu mengapa banyak yang memilih empeng Dr Brown yang satu ini? empeng Dr Brown’s ini memiliki warna dan gambar yang menarik serta lucu sehingga dapat menarik perhatian si kecil. Empeng ini juga didesain sedemikian rupa sehingga anti terbalik.

Ini dikarenakan empeng Dr Brown’s Advantage Pacifier memiliki gambar dan bentuk yang simetris sehingga Mom tidak perlu khawatir ingin menggunakan sisi atas atau bawah, ini tetap akan membuat bayi nyaman.

Pada bagian shield empeng juga memiliki desain yang berlubang-lubang dengan tujuan agar dapat memberikan sirkulasi udara yang baik ketika bayi menghisap pacifier. Ini dirancang karena umumnya bagian shield akan menempel dan tertekan pada permukaan mulut bayi dikarenakan hisapan bayi yang kuat sehingga mengurangi sirkulasi udaranya. Maka dari itu empeng Dr Brown’s Advantage Pacifier dirancang dengan lubang untuk mencegah iritasi dan mudah bernapas.

Dr Brown menawarkan 2 pilihan sesuai dengan usia bayi yaitu untuk 0-6 bulan dan untuk 6-18 bulan dikarenakan ukurannya berbeda karena disesuaikan dengan ukuran dan bentuk mulut bayi berdasarkan usianya. Mom bisa membelinya dalam bentuk paket yang umumnya terdiri dari 2 empeng dengan pilihan warna dan gambar yang unik.

Mengapa Harus Empeng Dr Brown’s?

Mungkin Mom akan bertanya-tanya, banyak merek empeng di luar sana namun mengapa harus empeng Dr Brown’s? Setiap merek tentu memiliki keunggulannya masing-masing termasuk empeng Dr Brown’s yang terbuat dari bahan 100% silicone sehingga nyaman saat dihisap.

Untuk material yang digunakan semuanya aman bahkan telah teruji BPA Free sehingga Mom tidak perlu mengkhawatirkan bahan-bahan yang digunakan. Namun tetap pastikan untuk mencuci empeng setelah digunakan dan disimpan di wadah kedap udara untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Empeng Dr Brown’s dirancang menyerupai bentuk kupu-kupu sehingga pada bagian tengahnya tidak menyentuh bagian hidung sehingga tidak akan mengganggu pernafasannya.

Dr Brown’s bersama dengan dokter gigi spesialis merancang empeng yang berkualitas dan bentuk yang sedemikian rupa untuk mencegah gigi tonggos, gigi tidak rata, dan crossbite. Empeng bayi Dr Brown’s dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi, melatih pergerakan lidah, membentuk rahang dasarnya, serta menjaga bayi agar tidur lebih nyenyak tanpa rewel.

 

 

Baca Juga:

You may also like...