Kemampuan yang Mengiringi Perkembangan Bayi 6 Bulan Menuju 7 Bulan

Memasuki masa pemberian MPASI, perkembangan bayi 6 bulan tentu sudah berbeda dengan bayi usia di bawahnya. Apalagi jika sudah beranjak menuju 7 bulan, bayi sudah bisa merangkak dan mengonsumsi makanan pendamping selain ASI. Secara umum, berikut kemampuan yang mengiringi perkembangan si kecil yang perlu Mom ketahui.

·        Kemampuan Verbal (Komunikasi)

Bayi yang baru lahir biasanya lebih banyak mengkomunikasikan keinginan dan keluhannya dengan cara menangis. Sedangkan bayi 6 bulan menuju 7 bulan sudah bisa mengekspresikan berbagai hal dengan cara lain, yaitu memekik dan bersuara pelan hingga terdengar seperti bergumam atau kucing yang sedang menggeram.

Perkembangan bayi 6 bulan menuju 7 bulan membuat si kecil mampu menyuarakan huruf vokal dan konsonan dengan lantang dan jelas, terutama kata ‘mama’. Meski misalnya si kecil tidak terlalu banyak melakukan komunikasi verbal (bahas lisan), Mom tidak perlu khawatir. Karena, biasanya komunikasi dilakukan dengan cara alternatif yaitu dengan bahasa tubuh.

Jadi, jika ada kerabat yang bertamu dan menyodorkan mainan, si kecil sudah bisa menunjuk-nunjuk atau berusaha meraih mainan tersebut. Hal ini termasuk respon yang cukup baik dan memuaskan untuk anak seusianya. Untuk melatih kemampuan verbal, beri stimulus dengan cara memperdengarkan bacaan al-quran (murrotal), musik atau boneka yang bisa bersuara.

·        Kemampuan Sosial

Sebenarnya, saat si kecil berusaha meraih mainan yang disodorkan rekan Mom seperti pada contoh sebelumnya, perilaku ini juga menunjukkan kemampuan sosialnya yang mulai berkembang. Perkembangan bayi 6 bulan membuatnya tidak lagi takut pada orang asing, apalagi jika posisi Mom masih dalam jangkauannya sehigga si kecil merasa aman.

Bahkan buah hati Mom tidak akan ragu lagi untuk meraih perhatian orang-orang di sekelilingnya. Bisa dengan memekik, mengucapkan 1-2 suku kata, memukul-mukul mainan, sampai berusaha untuk merangkak dan mendekati posisi orang yang ingin dikenalnya atau membuatnya tertarik.

·        Kemampuan Motorik

Umumnya perkembangan bayi 6 bulan menuju 7 bulan memang ditandai dengan kemampuan merangkak. Tapi, jika Mom tidak mendapati tanda-tanda seperti ini, jangan langsung berkecil hati. Karena, ada beberapa bayi yang langsung bisa berdiri dan berjalan tanpa melalui proses merangkak sebelumnya.

Penggunaan baby walker kurang disarankan karena justru membatasi gerak dan keleluasaan si kecil untuk belajar berjalan. Kemampuan motorik lainnya yang bisa dilakukan bayi 6 bulan menuju 7 bulan adalah menyusun mainan, duduk dengan punggung tegak, dan menggenggam pegangan cangkir yang terletak pada 2 sisi, kiri dan kanannya (sippy cup).

·        Kemampuan Mengonsumsi MPASI

Kemampuan yang mengiringi perkembangan bayi 6 bulan yang satu ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan kemampuan motorik. Mom sudah bisa membiarkannya mengonsumsi MPASI secara mandiri, seperti potongan kentang dan wortel rebus. Bisa juga dengan mengukusnya di atas air mendidih selama beberapa menit.

Pastikan teksturnya sudah benar-benar lembut tapi tidak mudah hancur karena si kecil sudah bisa menggenggam tapi belum terlatih untuk mengontrol kekuatan genggamannya. Biskuit juga bisa menjadi MPASI sekaligus camilan alternatif yang bisa digenggamnya sendiri. Tapi, awasi cara makannya dan segera beri minum sebelum si kecil tersedak.

Perkembangan bayi 6 bulan menuju 7 bulan tidak selalu sama pada tiap anak. Seperti yang diulas dalam salah satu poin, bahwa kemampuan merangkak dan berjalan balita ada yang memang tepat dikuasai saat usianya 6-7 tahun, tapi ada juga yang memasuki usai 10 tahun belum bisa merangkak, namun sudah bisa berdiri dan berjalan.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *