Gejala Kanker Serviks Stadium 2

 

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium dua ini sudah mulai menunjukan gejala yang lebih serius,  yaitu  sel kanker mulai menjalar pada lubang serviks termasuk jaringan lainnya yang terdapat didalam dinding Rahim atau serviks. Pada tahap stadium dua ini kanker sudah bisa dilihat dengan kasat mata, dan menunjukan beberapa gejala sebagai bentuk respon tubuh yang sudah mulai dapat dirasakan dan dilihat.

Jenis kanker serviks stadium 2

Kanker serviks stadium dua ini mempunyai dua jenis yaitu:

Kanker serviks stadium 2A

ciri-cirinya dari kanker serviks stadium 2A yaitu: kanker mulai meluas dan memiliki ukuran sekitar 4cm atau lebih, mulai menjalar pada lubang serviks namun belum menyebar sampai sisi luar Rahim.

Kanker serviks stadium 2B

ciri kanker serviks stadium 2B yaitu: stadium 2B ini adalah stadium lanjutan dari stadium 2A, dimana sel kanker sudaha meluas menjadi 5cm bahkan lebih dan kedalaman kanker juga sudah lebih jauh, kanker juga semakin meluas dan mulai merambah pada sisi vagina.

Beberapa gejala kanker serviks stadium 2

Kanker serviks stadium dua akan lebih mudah dikenali, karena kondisi sudah mulai lebih serius dan sel-sel mulai mengalami kerusakan.  Selain itu7 sel kanker juga semakin luas menyebar dan menyebabkan penderita akan sering mengalami pendarahan dan merasakan nyeri pada beberapa bagian anggota tubuh lainnya yang diikuti dengan beberapa gejala lain yang menunujukan bahwa kanker sudah memasuki stadium 2.

Penderita kanker serviks stadium 2 juga akan mulai lebih sering mengeluh dengan rasa sakit yang semakin kuat, biasanya nyeri pada fisik ini disebabkan karena beberapa aktivitas yang dilakukan atau bahkan bisa saja tanpa alasan apapun. Nyeri ini akan menjalar hingga pangkal paha dan perut bagian kanan dan perut bagian kiri.

Pengobatan pada kanker stadium 2

Pada saat kanker sudah dalam stadium dua kemungkinan keberhasilan dalam pengobatan berkurang dari sebelumnya yaitu sekitar 70-80% saja, hal ini dikarenakan kanker sudah menjalar dan meluas, akar kanker mulai terbentuk dan penyebaran yang lebih berat lagi.

Kemoterapi dan radioterapi

Pengobatan dengan cara kemoterapi dan radioterapi ini termasuk pengobatan yang umum dilakukan pada pasien kanker serviks stadium 2. Dimana Pasien kanker akan melakukan kemoterapi dengan menggunakan cisplatin dan menggunakan jenis fluorouracil sebagai pendampingnya. Terapi kemoterapi dan radioterapi ini juga dikuatkan dengan radiasi yang menggunakan EBRT dan Brachyterapy.  EBRT dan Brachyterapy yaitu radiasi frekuensi rendah.

cyroterapi

pada kanker serviks stadium 2 ini, kanker serviks sudah dapat dilihat dengan kasat mata, pelepasan kanker ini biasanya juga sudah dilakukan dengan menggunakan paparan nitrogen yang akan memungkinkan membuat sel kanker menjadi beku dan lebih mudah diangkat dari tubuh.

Imun tertarget

Metode dilakukan dengan cara memasukan senyawa kimia yang akan melemahkan sel kanker. Selain itu pengobatan ini juga memberkan suntikan sel T buatan yang berguna untuk meningkatkan seragan lebih serius dari sel kanker,

Radical histerekomi

Prosedur ini merupakan prosedur pembedahan  yang dilakukan dengan cara mengangkat sel serviks secara menyeluruh, dan biasanya juga disertai dengan pengangkatan jaringan yang terdapat pada sekitar area pelvis yang sudah terinveksi sel kanker, termasuk juga jaringan limfa.

Tindakan ini juga biasanya disertai dengan prosedur brachyteraphy untuk bisa meminimalisir sel kanker yang masih tersisa agar tetap agresif dan invasive.

 

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *