Cara Melahirkan Normal dengan Lancar Tanpa Jahitan Sama Sekali

Proses melahirkan normal sebetulnya bergantung pada pribadi masing-masing. Adanya jahitan pada robekan atau episiotomi tetap meninggalkan rasa sakit walaupun sudah diberi penenang seperti anestesi. Dampaknya begitu terasa justru usai melahirkan ketika lepas dari kontrol bidan atau dokter. Mom, mau tahu cara agar bisa melahirkan secara normal? Ini dia.

A. Konsumsi Minyak Zaitun, Teh Daun Raspberry, dan Alpukat

Proses persalinan normal juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Minyak zaitun dan alpukat dipercaya bisa melicinkan jalan keluar untuk bayi selama proses tersebut. Caranya bukan dengan digosok-gosokkan dari luar, melainkan dengan cara diminum. Efeknya akan berdampak secara alami dari dalam.

Kulit bagian dalam, termasuk yang menyelubungi calon bayi akan licin. Efeknya bisa lebih baik ketika ditambah dengan 2 cangkir teh daun raspberry tiap hari pada periode trimester terakhir. Cara ini, selain agar bisa melahirkan normal, rupanya bisa memberi rasa nyaman selama proses berlangsung.

B. Tenangkan Diri dengan Aromaterapi

Persalinan yang normal akan sangat terbantu dengan adanya aromaterapi. Khususnya untuk calon ibu yang kerap melakukan pemijatan perineum menggunakan minyak zaitun. Minyak bunga atau aromaterapi akan membuat perasaan lebih rileks. Potensi jahitan saat melahirkan jadi berkurang secara drastis, bahkan bisa tidak ada sama sekali.

C. Latih Otot dengan Gerakan Ringan

Ketika Mom berada pada trimester terakhir, hampir segala bagian tubuh akan menegang. Tentu ini kurang baik apabila dibiarkan dalam periode tersebut hingga proses melahirkan. Latihannya ringan saja, misalnya menggerak-gerakkan kepala, hidung, dahi, lutut, dan bagian tubuh lainnya. Proses melahirkan normal memerlukan usaha yang luar biasa agar berhasil.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di rumah seperti jalan-jalan juga perlu dilakukan. Pada waktu melakukan posisi jongkok, usahakan berpegangan pada benda yang kuat. Begitu pula ketika ingin meminimalisir potensi bayi lahir dalam keadaan sungsang dengan menyentuhkan bagian tubuh ke lantai. Cara memegangnya harus kuat agar tahan tanpa rasa sakit.

D. Kelelahan dalam Hal Apa pun Wajib Dihindari

Bila ingin mendapatkan proses melahirkan normal, maka hindari segala hal yang menyebabkan tubuh jadi kelelahan akut. Soalnya bisa membuka ruang kembali untuk melakukan episiotomi karena adanya gangguan ringan hingga berat. Istirahat serta nutrisi yang cukup sangat bagus untuk mencegah kelelahan tersebut.

E. Melakukan Senam Kegel

Tujuan dari senam ini hanya satu, yakni untuk memperbesar potensi melahirkan normal tanpa jahitan sama sekali. Lakukan senam kegel ketika Mom memasuki trimester terakhir. Seiring berjalannya waktu, otot-otot yang berkaitan dengan lubang pengeluaran akan terlatih. Jadi, ketika datang waktunya untuk mengejan, tidak lantas cedera.

F. Pilih Tempat yang Cukup Luas selama Proses Persalinan

Tempat ketika melahirkan memiliki pengaruh yang cukup besar. Ketika tempatnya sempit, gerak tubuh jadi kurang leluasa. Ditambah lagi ketika suasana di luar atau di sekeliling ruangan sangat ramai. Reaksi janin akan sama dengan reaksi Mom saat menghadapi situasi tertentu.

G. Selama Bersalin, Harap Tidak Mengangkat Bokong

Inilah salah satu kunci dari persalinan normal yang bersifat teknis dan langsung. Kerapkali, pada saat mengejan, tanpa disadari bokong ikut terangkat. Walaupun Mom dalam pengaruh bius, kesadaran untuk mendiamkan bokong pada tempatnya wajib ada. Cara ini cukup ampuh untuk memperkecil potensi episiotomi selama persalinan.

Beberapa tips agar bisa melahirkan normal tersebut bersifat praktis. Tanpa bimbingan langsung dari bidan ataupun ahli janin, Mom bisa langsung praktik sendiri di rumah. Luka jahitan pada saat melahirkan memang tidak terasa sakit. Tapi setelah keluar dari rumah sakit, dalam beberapa hari saja akan terasa dampaknya yang bisa mengganggu keseharian.

sumber : https://babyologist.com/blog/cara-mudah-melahirkan-normal-n4572

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *