Bolehkan Ibu Hamil Makan Mie Instan Tanpa Khawatir Efek Samping Pada Janin?

Kehamilan adalah sebuah anugrah terbesar yang seorang ibu bisa dapatkan. Sudah menjadi kewajiban seorang ibu untuk menjaga dan memastikan bayi sehat selama dalam kandungan. Karenanya, seorang ibu hamil tidak diperbolehkan untuk makan sembarangan. Namun, ibu hamil juga tidak mudah menghiraukan hasrat untuk memakan makanan yang lezat, bahkan meski itu adalah makanan instan. Lalu, bolehkah ibu hamil makan mie instan yang merupakan salah satunya?

 

Apa Yang Terkandung Dalam Ramen?

Untuk mengetahui bahaya tidaknya mie ramen untuk ibu hamil, perlu kiranya kita mempelajari kandungan dalam mie instan. Meskipun mie terbuat dari bahan alami seperti gandum, mie ini tidak kemudian langsung dikonsumsi, tapi dikemas terlebih dahulu. Agar tahan lama, tentunya ada bahan lain yang ditambahkan ke dalamnya sehingga membuatnya tidak sepenuhnya alami. Mari kita bahas beberapa di antara kandungannya yang pastinya anda sudah familiar dan sering kali mendengarnya.

  • Kandungan MSG

Kandungan pertama yang perlu menjadi perhatian tidak lain dan tidak bukan adalah MSG. MSG atau lebih sering dikenal dengan sebutan micin, merupakan bahan penyedap yang memberi rasa gurih, manis, asin, dan asam pada mie instan. Meski sebagai penyedap, bahan ini sangat menggugah selera, penggunaannya yang cenderung berlebih sangatlah tak sehat.

  • Kandungan Sodium

Kandungan yang serupa dengan MSG pada mie instan  adalah sodium. Untuk menambah rasa pada kaldu mie, bahan kimia ini digunakan dalam jumlah banyak  Setidaknya, ada sebanyak 860mg dalam satu kemasan mie. Pastikan anda ingat bahwa tubuh kita juga memiliki batas asupan sodium yang sehat. Dalam jumlah tinggi, mie dapat membahayakan.

  • Kandungan Lemak

Mie instan juga pastinya memiliki kandungan lemak. Seperti halnya dengan sodium, kita juga memiliki batas asupan lemak per harinya. Melebihi batasnya sangatlah tidak dianjurkan karena lemak trans dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko kolesterol. Sayangnya, mie instan cenderung memiliki kandungan lemak berlebih, meskipun rasanya sungguh enak.

  • Kandungan Zat Pengawet

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mie instan perlu diawetkan agar dapat bertahan lama dalam kemasan. Namun,  perlu anda ketahui bahwa zat pengawet biasanya terbuat dari bahan kimia, seperti lilin dan nipagin. Konsumsi pengawet terus menerus pada akhirnya akan mengganggu proses penyerapan nutrisi ada dalam sistem pencernaan tubuh manusia.

Apakah Konsumsi Mie Ramen Tetap Dibolehkan?

Dari penjelasan kandungan dalam mie di atas, kita mengetahui bahwa bahan-bahan tertentu digunakan untuk menambah cita rasa mie dan mengawetkannya supaya tahan lama. Namun, meski setiap bahannya digunakan bukan tanpa alasan, pembuatan mie instan cenderung menggunakan bahan-bahan tersebut dalam jumlah berlebih, yang berarti setiap satu sajiannya sudah melebihi batas asupan yang tubuh kita butuhkan. Tidak perlu kita menambah asupan nutrisi bila sudah cukup.

Bagaimana pun juga asupan berlebih dapat memberikan efek negatif pada tubuh. Ditambah lagi jika konsumsi dilakukan secara terus menerus. Bagi tubuh kita sendiri, asupan seperti ini tidaklah sehat. Jika anda sedang mengandung, ini bukanlah ide yang bagus untuk kesehatan janin anda yang masih rentan terhadap penyakit. Karenanya, kita dapat menyimpulkan bahwa mie ramen untuk ibu hamil tidak dianjurkan. Walaupun tidak sepenuhnya dilarang, akan lebih baik bila kita menghindarinya.

Ingat, bukan hanya kesehatan anda sendiri yang perlu anda perhatikan. Janin anda bergantung pada anda. Apa yang anda makan, janin pun akan menerimanya. Jika tidak sangat anda inginkan, kami sarankan untuk menghindarinya. Jika anda mengidam, anda bisa mencari makanan lain sebagai penggantinya. Bagaimana pun juga, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang penting untuk bayi.

Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk Makan Mie Ramen?

Lalu, bolehkah ibu hamil makan mie? Jawabannya bisa iya, dan bisa juga tidak. Terdapat pro kontra dalam topik tersebut. Meski mengandung micin, pengawet, dsb, mengkonsumsi mie ramen tidak membahayakan nyawa. Namun, jika kita pikirkan dalam jangka panjang, akankah anda akan tetap berpikir demikian? Sekali lagi ingat bahwa hal ini bersangkutan dengan janin anda. Pada akhirnya, kandungan tersebut dalam mengundang penyakit, jadi sebaiknya kalau kita menghindarinya.

Bagaimana jika keinginan mendera? Tetap bolehkah ibu hamil makan mie ramen? Sebagai ibu hamil, nafsu makan anda menjadi lebih tinggi. Terkadang anda pun akan merasakan keinginan untuk makan makanan favorit anda, bahkah jika itu mie instan sekalipun. Jika demikian, apa yang harus kita lakukan tanpa harus membahayakan bayi? Pastinya tidaklah mudah mengurungkan niat untuk merasakan kelezatan ramen. Berikut tipsnya:

  • Buang Air Rebusan Pertama

Umumnya, kita memasak mie hanya dengan satu kali rebusan air saja, bukan? Tapi, tahukah anda bahwa air rebusan tersebut telah larut di dalamnya zat-zat kimia dari mie yang diawetkan? Agar zat tersebut tidak ikut masuk ke tubuh, maka kita perlu membuang air rebusan tersebut. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi khawatir akan zat berbahaya itu.

  • Gunakan Air Hangat Untuk Kuahnya

Jika air rebusan dibuang, apakah kita hanya bisa mengkonsumsinya layaknya mie instan goreng? Tentu tidak, karena mie ramen tetaplah berkuah. Sebagai ganti dari air rebusan pertama, kita dapat menggunakan air hangat. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa cita rasa akan berkurang dari aslinya, tapi ini adalah cara yang paling sehat untuk mengkonsumsinya.

  • Tambahkan Sayuran dan Telur

Selain memiliki zat yang berbahaya bagi tubuh, perlu anda ketahui bahwa mie ramen belumlah memiliki nutrisi yang cukup bagi tubuh. Karenanya, perlu kiranya kita tambahkan sumber protein tambahan untuk asupan nutrisi yang lebih baik. Sumber protein yang cocok untuk mie ramen adalah sayuran seperti kubis dan sawi hijau, lalu tambahkan juga telur.

Meski ada cara sehat untuk mengkonsumsi mie ramen, bukan berarti menjadi sebuah kebolehan bagi kita, terutama ibu hamil untuk mengkonsumsi mie instan. Dilihat bagaimanapun juga, mie instan bukanlah makanan sehat bahkan untuk orang pada umumnya. Banyak bahayanya bagi kesehatan kita semua. Beberapa masalah kesehatan untuk diketahui di antaranya adalah naiknya tekanan darah, turunnya kadar insulin, metabolisme tubuh yang terganggu, dan rasa mudah lapar.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan jawaban dari bolehkah ibu hamil makan mie. Seperti yang sudah anda ketahui, mengkonsumsi mie ramen saat hamil tidak menjadi sesuatu yang direkomendasikan. Janganlah coba-coba jika itu menyangkut kesehatan janin dalam kandungan anda. Ketika masih dalam masa kehamilan, alangkah baiknya jika anda hindari semua yang beresiko untuk bayi. Sebagai pengganti mie instan sendiri, anda dapat mengkonsumsi olahan buah dan yogurt, dan popcorn tanpa butter, garam, dan margarin. Tentunya ini cukup untuk meredakan rasa lapar di luar jam makan dengan cara yang aman dan sehat.

Baca Juga:

You may also like...