9 Manfaat Folavit untuk Program Ibu Hamil agar Subur

Dalam ilmu medis, folavit mengandung asam folat yang sangat bagus untuk program hamil. Seringkali suplemen ini disamakan dengan asam folat karena sebagai kandungan utamanya.Bentuknya bisa dalam bentuk tablet maupun cairan.Sedangkan berdasarkan dosisnya, terdiri dari 2 macam, yaitu 1000 mcg dan 400 mcg. Lalu, apa saja manfaatnya? DIlansir dari babyologist berikut manfaat folavit untuk ibu hamil :

A. Kecerdasan Bayi Lebih Optimal

Suplemen ini memiliki kandungan yang bersifat membantu.Bukan sebagai pemicu utama bayi cerdas usai dilahirkan. Oleh sebab itu, untuk Mom yang sedang hamil, konsumsi suplemen ini secara rutin. Padukan dengan berbagai sumber makanan lain yang mengandung vitamin penting dan mineral, seperti bayam, kacang-kacangan, atau ikan.

B. Menghindari Lahir secara Prematur

Semua ibu hamil tentu memiliki keinginan besar agar lekas melihat buah hatinya. Namun, kelahiran prematur bukanlah solusi. Potensi itu bisa dicegah dengan mengonsumsi folavit secara rutin. Untuk ibu hamil, uplementasi yang bagus sekitar 800 mcg per hari. Jadi, sebaiknya memakai suplemen dengan ukuran 1000 mcg.

C. Menghindari Potensi Kelainan Jantung pada Bayi

Sebagai penggerak kehidupan, jantung bayi selama berada dalam kandungan wajib untuk dilindungi. Janin di dalam rahim sangat mampu merespons apa pun yang terjadi di luar perut. Apalagi yang berasa dari dalam? Memang dalam berbagai penelitian, sangat jarang terjadi kelainan jantung pada janin. Tapi untuk meminimalisasi hal tersebut, lebih baik minumlah suplemen ini!

D. Mampu Mengobati Penyakit Anemia

Apa jadinya jika selama proses kehamilan justru kekurangan darah? Ironisnya, ibu hamil menjadi salah satu yang paling berisiko terkena anemia. Kerugian pada tubuh bisa berdampak langsung terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Di dalam folavit, terdapat kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu menanggulangi penyakit tersebut.

E. Mampu Mencegah Bayi Lahir dalam Wujud Cacat

Setidaknya untuk mencegah potensi ini, Mom minum saja suplemen yang kaya asam folat dengan dosis 400 mcg hingga 600 mcg. Seorang ibu hamil yang kurang asupan suplemen tersebut,risiko melahirkan bayi cacat bisa 3 kali lipat. Hal tersebut sudah dibuktikan secara ilmiah, misalnya cacat pada bibir sehingga membuatnya tampak sumbing.

F. Mampu Mengatasi Dampak Langsung Konsumsi Alkohol

Seorang ibu hamil yang dulunya pernah mengonsumsi alkohol mungkin bisa dihitung dengan jari. Dampak langsung terhadap janin dalam kandungan cukup besar. Sifat alkohol yang keras akan memutus beberapa sumber kehidupan bayi dari dalam. Suplemen ini rupanya sangat ampuh dalam melindungi janin selama masa perkembangan tersebut.

G. Mengobati Infeksi

Selama proses kehamilan, ibu hamil biasanya tetap melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan dalam aktivitas tersebut akan terjadi sedikit goresan atau luka. Tubuh yang sejatinya lemah karena setiap waktu harus berbagi hidup dengan janin, bisa membuat luka tersebut sulit sembuh dan menyebabkan infeksi. Folavit akan membantu menjaga kekebalan tubuh Mom saat hamil.

H. Mampu Mengobati Diare

Jika ibu hamil mengalami diare, maka akan sangat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Bagaimana pun, janin tersebut sangat memerlukan nutrisi langsung lewat plasenta. Sedangkan penyakit diare akan membuat makanan yang dikonsumsi menjadi sia-sia. Folavit bukan hanya untuk mengobati diare, tapi juga memberi nutrisi lebih pada janin tersebut.

I. Mencegah Penyakit Hati pada Bumil

Suplemen terbaik untuk promil ini memang patut dianggap sebagai pahlawan untuk bumil mana pun. Manfaat terakhir ini sangat bergantung kepada suasana hati Mom selama hamil. Oleh karena itu, penting sekali saat mengonsumsinya, temani dengan alunan musik klasik agar penyakit hati serta ancamannya jadi tidak berarti.

Secara umum, folavit itu tidak memiliki efek samping ataupun kekurangan. Dampak negatif baru timbul ketika adanya campur tangan gejala dari penyakit lain ditambah dengan overdosis pada suplemen ini. Efeknya meliputi sesak napas, kulit jadi kemerahan, kena tekanan darah rendah, serta gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, minumlah sesuai dosisnya!

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *