6 Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Menghitung Usia Kehamilan

Selain menghitung usia kehamilan dengan HPHT, USG, dan HCG, rupanya hitung-hitungan dengan aplikasi juga cukup populer. Kualitas hasil yang muncul bisa akurat maupun tidak, tergantung dari data-data yang Mom masukkan ke dalamnya. Apa saja aplikasi yang dimaksud? Berikut ini cara-cara yang bisa Mom coba sampai menemukan hasil yang ideal.

1. mPregnancy

Alat yang dibutuhkan untuk mengaktifkan aplikasi ini hanya dengan iPhone, bukan yang lain. Informasi cara penggunaannya secara lengkap sudah tersedia langsung di dalamnya. Cara kerjanya sangat unik, yakni menghitung usia kehamilan dengan membandingkan tutup botol minuman dengan besar janin.

2. Pregnancy Assistant

Berbeda dengan yang pertama, aplikasi Pregnancy Assistant ini hanya bisa digunakan untuk HP Android saja. Secara mengejutkan, meskipun sudah lewat berminggu-minggu, Pregnancy Assistant mampu melacak dengan baik usia kehamilan. Caranya dengan memasukkan hari pertama haid terakhir. Berbagai catatan mingguan akan dikeluarkan oleh aplikasi ini.

Jadi, ketika muncul sebuah peringatan yang mengharuskan untuk pergi ke dokter, turuti saja. Lakukan check-up untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan. Setiap minggu, notifikasi dalam visual yang menarik akan muncul dari layar HP Mom. Jadi, bukan hanya untuk menghitung usia kehamilan saja, melainkan sebagai pendamping kesehatan janin.

3. Pregnancy ++

Baik HP Android maupun iPhone sama-sama bisa menginstal aplikasi ini. Keunikannya adalah informasi yang diberikan kadang bisa terkesan lucu, tapi tetap sangat berguna. Misalnya, pada waktu usia kehamilan Mom memasuki 7 minggu, maka janin yang akan divisualisasikan dengan gambar blueberry.

Selain menghitung usia kehamilan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat total berat badan yang naik per minggunya.J adi, Mom bisa juga mengikuti perkembangan janin dalam kandungan lewat Pregnancy ++. Termasuk menghitung tendangan yang dihasilkan setelah memasuki trimester kedua dan terakhir.

4. Pregnancy Calculator

Aplikasi dengan cara kerja sebagai kalkulator kehamilan ini juga sangat direkomendasikan. Jika ingin memperkirakan konsepsi, tanggal kemungkinan lahir, usia kehamilan, dan lain-lain, maka unduh saja Pregnancy Calculator. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Tinggal memasukkan saja hari terakhir menstruasi untuk mendapatkan informasinya.

5. Pregnancy Due Date &Fertility Calculator Tools

Berhubung banyaknya pengguna iPhone di Tanah Air, aplikasi ini pun mendapat total unduh cukup banyak. Sepadan dengan fungsi yang ditawarkan. Tidak hanya untuk menghitung usia kehamilan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengetahui waktu due date. Begitu juga dengan masa subur serta ovulasi.

Perkembangan bayi dalam rahim bisa dimonitori hanya dengan berbekal aplikasi ini. Ketika ingin mengetahui usia kehamilan, masukkan saja tanggal menstruasi terakhir atau LMP. Kemudian secara otomatis akan muncul tanggal terjadinya proses pembuahan serta due date-nya. Dengan respons yang positif dari pada pemakainya, tentu akan menjadi garansi tersendiri.

6. Pregnancy Calculator and Calendar

Bagi pemilik perangkat Android, silakan unduh aplikasi ini di Google Play Store. Jika ingin mencari tahu kualitasnya, scroll down saja dan baca komentar-komentar yang ada. Rating mereka sangat mempengaruhi kualitas dari aplikasi Pregnancy Calculator and Calendar ini. Tapi lebih baik lagi dengan membuktikannya secara langsung.

Caranya dengan mengisi tanggal konsepsi. Nanti akan tampak usia kehamilan Mom saat itu juga. Termasuk due date-nya. Kelebihannya, Pregnancy Calculator and Calendar akan memberikan sejumlah artikel terkait ibu hamil yang bisa digunakan untuk menambah wawasan.

Keenam aplikasi untuk menghitung usia kehamilan tersebut tersedia secara gratis. Jika lupa HPHT, lebih baik periksakan kandungan Mom ke dokter dan lakukan USG untuk mendapatkan hasil yang pasti. Rumus untuk menghitung dengan kalkulator kehamilan tersebut sudah berbentuk paten. Mom tinggal menikmati hasilnya saja hanya dengan memasukkan beberapa data yang bersangkutan.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *