5 Tips Dukung Perkembangan Bayi 11 Bulan yang Sehat

Perkembangan bayi dari bulan ke bulan haruslah mom dampingi secara optimal. Ketika mendekati usia 1 tahun, tumbuh kembangnya semakin pesat. Perkembangan bayi 11 bulan yang sehat tergolong kompleks. Kemampuan motorik, sosial, dan intelektualnya mulai menonjol. Agar kemampuannya mampu berkembang optimal, lakukanlah tips pendukung ini!

  1. Membacakan Cerita

Membacakan cerita sebaiknya mom lakukan untuk meningkatkan kemampuan si kecil dalam mendengarkan dan berbicara. Pengenalan terhadap tokoh cerita juga bisa meningkatkan pengetahuan terhadap manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan. Mom dapat membeli buku cerita bergambar yang berwarna untuk si kecil misalnya cerita fabel, cerita rakyat, dsb.

Selebihnya, belikan juga buku cerita berbahasa Inggris agar anak mengenal dan terbiasa dengan bahasa Internasional. Hal ini sangat baik sebagai bekal masa depannya. Si kecil sudah mampu menghafal banyak vocab atau perbendaharaan kata, mengenal tata kalimat, memahami kalimat, dan berbicara dalam bahasa Inggris.

  1. Mengajak Bernyanyi dan Bermain Musik

Pengenalan terhadap seni adalah suatu hal yang baik agar si kecil rileks. Salah satunya adalah seni musik yang mampu merangsang perkembangan bayi 11 bulan. Musik mampu memberikan suasana bahagia dan tenang. Ajaklah ia menyanyikan lagu anak dalam kesehariannya agar merasa senang dan bisa bernyanyi untuk menghibur diri.

Setelah mengajaknya bernyanyi, mulai juga mengenalkan alat musik, seperti piano, gitar, seruling, atau biola. Mainkanlah alat musik tersebut di depannya agar ia melihat dan menikmati permainan musik tersebut. Akan tetapi, berikan lagu anak ataupun nada yang lembut dan riang agar selalu menjaga mood si kecil untuk tetap bahagia.

  1. Melatih untuk Mengenali Barang Pribadinya

Perkembangan bayi 11 bulan dalam hal intelektual semakin kuat. Momen ini sangat tepat untuk melatihnya mengenali barang-barang pribadinya. Mom bisa menunjukkan barang yang digunakan si kecil sehari-hari mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, peralatan makan, hingga mainannya. Dengan demikian, ia akan cepat hafal dengan barang miliknya.

Lama kelamaan ia mampu membedakan barang pribadinya dan barang orang lain. Bahkan, jika barangnya rusak ia akan meminta barang yang sesuai seleranya, misalnya sesuai dengan warna favoritnya. Hal ini menunjukkan perkembangan yang signifikan.

  1. Mengajak untuk Mengenal Lingkungan

Kemampuan si kecil dalam beradaptasi dengan lingkungan akan meningkat ketika mendekati usia 1 tahun. Kepekaannya terhadap lingkungan semakin besar dan merupakan salah satu tanda perkembangan bayi 11 bulan yang sehat.

Mom harus mengoptimalkannya dengan mengenalkan bayi dengan lingkungan sekitarnya, seperti orang yang berada di sekitarnya, tempat yang dekat dengan rumah, tanaman yang tumbuh di halaman rumah atau di sekitarnya, juga benda-benda di sekitarnya. Pengenalan tersebut akan meningkatkan pemahaman si kecil dan memudahkan dalam berkegiatan.

  1. Mengajak Bermain dengan Teman-Temannya

Kemampuan untuk bersosialisasi dan berinteraksi juga semakin terlihat saat usianya yang menginjak 11 bulan. Perkembangan bayi 11 bulan sangat pesat termasuk dari segi kemampuan sosialnya.

Bayi akan menunjukkan kemampuannya yang ingin bermain di luar rumah, ingin bermain bersama teman-teman, serta sangat aktif merespon orang yang mengajaknya bicara. Untuk itu, ajaklah si kecil bermain bersama teman-teman seusianya agar kemampuan sosialnya bertambah. Rasa percaya diri dan toleransinya akan terbentuk seiring berjalannya waktu.

Sejak dini mom harus memantau laju tumbuh kembangnya. Saat perkembangan bayi 11 bulan yang mulai kompleks, mom diharapkan mampu memanfaatkan momen emas tersebut. Beragam kegiatan bersama si kecil di atas mampu merangsang kemampuan bayi agar perkembangannya optimal. Mom akan melihat si kecil tumbuh sehat dan cerdas karenanya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *