5 Makanan Sehat untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 12 Bulan ke Atas

Tumbuh kembang buah hati yang optimal tentu saja menjadi harapan semua orang tua. Asupan nutrisi yang tepat akan merealisasikannya. Saat mendukung perkembangan bayi 12 bulan ke atas, tentu saja mom harus menyiapkan aneka makanan sehat untuknya. Inilah rekomendasi makanan sehat untuk optimalkan tumbuh kembang si kecil yang kompleks.

  1. Nasi Tim

Mulai usia 6 bulan ke atas, bayi sudah mengonsumsi MPASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Semakin bertambahnya usia dan menginjak 1 tahun, bayi membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Nasi adalah makanan pokok yang harus dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Mom bisa mengenalkan nasi tim untuk membangun selera makannya.

Nasi tim adalah nasi kukus yang terbuat dari berbagai bumbu gurih. Istilah “tim” ini berasal dari bahasa Inggris “steam” yang berarti kukus. Cara membuat nasi kukus ini cukup mudah. Mom bisa mencampurkan daging ayam tanpa tulang, telur ayam rebus, dan jamur, yang semuanya sudah dibumbui bawang putih.

Tambahkan juga kecap asin, lalu tambahkan  nasi dan campurlah hingga padat. Setelah itu, kukuslah hingga matang. Hiaslah dengan lauk pelengkap seperti bakso, wortel, dan sebagainya agar menarik perhatian si kecil.

  1. Sayur dan Lauk Sehat

Perkembangan bayi 12 bulan ke atas merupakan momen emas untuk optimalkan perkembangannya yang meningkat drastis. Sayur dan lauk yang sehat akan menambah asupan nutrisinya dan sangat baik untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Sayuran hijau sangat baik untuk metabolisme tubuh. Sayuran warna lain seperti wortel dan lobak juga sangat baik. Variasikan jenis sayuran jika anak mulai bosan dan sajikan dengan kreatif. Buat juga salad sayuran sebagai variasi olahan. Lauk pauk sehat yang tinggi protein dapat menunjang tumbuh kembang fisik dan intelektualnya, seperti daging, telur, tahu, tempe.

  1. Buah

Buah sangat baik bagi sistem metabolisme tubuh. Kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan mendukung kinerja organ tubuh. berikan buah yang sehat dan masih segar. Mom bisa memberikan secara langsung dalam bentuk potongan buah atau mengolahnya menjadi jus buah, salad buah, atau smoothies.

Variasi olahan buah tersebut akan mencegah rasa bosan. Selera makannya dapat terjaga jika Mom mengolahnya menjadi beragam varian demi mendukung perkembangan bayi 12 bulan lebih. Berikan buah setelah si kecil makan. buah ini dapat juga dijadikan camilan sehat.

  1. Biskuit Sehat

Biskuit sehat juga dianjurkan bagi si kecil sejak berusia 6 bulan ke atas. Mom dapat memilih biskuit terpercaya yang kualitasnya terjamin. Berikan biskuit dengan nutrisi lengkap dan direkomendasikan seperti biskuit keju, biskuit oat, biskuit rasa ayam atau sapi, dan sebagainya. Asupan sehat ini dapat mendukung perkembangan bayi 12 bulan ke atas.

  1. Susu

Setelah bayi mengenal makanan sehat tersebut, asupan nutrisi dari susu tentu tidak kalah pentingnya. Komposisi susu formula yang sesuai dengan usianya sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan bayi 12 bulan lebih agar sehat, cerdas, dan kuat. Pilihlah susu yang lengkap komposisinya dan kemasannya baik.

Saat usianya 1 tahun ke atas, lebih banyak lagi nutrisi yang ia butuhkan mengingat gerakannya yang sangat aktif, kemampuan bicaranya yang meningkat, dan daya ingatnya yang semakin kuat. Perkembangan bayi 12 bulan plus adalah momen emas yang harus didukung dengan pemenuhan gizi lewat makanan sehat 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *