5 Fakta Menarik Seputar Perkembangan Bayi yang Harus Mom Tahu

Di balik polos dan imutnya wajah bayi yang baru lahir, ada banyak hal menarik yang mengiringi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Beberapa di antaranya berupa fakta menarik dan unik yang harus Mom tahu agar lebih siap dalam memiliki anak. Apa saja fakta menarik dan unik tersebut? Berikut ulasannya untuk Mom.

1. Harus Menangis saat Dilahirkan

Bayi yang tidak menangis saat dilahirkan jangan membuat Mom merasa lega karena justru yang menangislah yang normal. Menangisnya bayi mengindikasikan organ paru-paru dan sistem pernapasannya yang bekerja dengan baik. Menangisnya bayi juga menunjukkan respon bayi terhadap perubahan suhu dan cahaya antara di dalam dengan di luar rahim.

Perkembangan bayi yang normal membuatnya menangis dalam waktu 30 detik sampai 1 menit pertama setelah berlangsungnya proses persalinan. Pita suara bayi juga baik-baik saja karena menangis merupakan salah satu tes vokal awal untuknya.

2. Suka Meniru

Bayi bisa disebut peniru yang handal dan ulung. Apapun yang orang terdekatnya lakukan, terutama Mom, akan berusaha ditirunya dengan baik. Tidak heran jika si kecil berusaha keras untuk merangkak, duduk, dan berjalan. Semuanya berawal dari stimulus yang secara tidak langsung Mom berikan padanya.

Sangat penting untuk Mom agar terus mengawasi si kecil selama proses pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sedang aktif-aktifnya ini. Jauhkan si kecil dari tangga atau benda-benda lainnya yang kurang stabil, terutama saat dia sedang belajar merangkak dan berdiri.

3. Ingin Mandiri

Berkaitan dengan sifat penirunya, si kecil juga cenderung ingin mandiri dalam melakukan beragam aktivitas, contohnya makan. Untuk menghadapi keinginan si kecil ini, Mom bisa menepakan metode BLW (Baby Led Weaning) yang merupakan metode untuk memberikan kebebasan pada si kecil dalam memilih dan menyantap makanannya.

Tapi, agar pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi optimal, pilihan menunya harus Mom yang menentukan. Sementara untuk proses makannya sendiri, Mom bisa serahkan sepenuhnya pada si kecil. Siapkan kursi dan meja makan kecil khusus untuknya.

Kemudian, Mom hanya berperan membantu si kecil saat suapannya melenceng dari mulut. Akan lebih mudah untuknya makan jika Mom menyediakan sayuran rebus dalam bentuk mini stik karena cocok dalam genggamannya, terutama jika si kecil sudah melewati usia 8 tahun.

4. Suka Memasukkan Semua Benda ke Mulut

Memasukkan mainan dan benda apapun yang ada di tangannya ke dalam mulut memang bukan hal aneh untuk bayi. Tapi, bukan berarti bayi sedang kelaparan. Kadang-kadang, untuk menjawab rasa penasarannya terhadap suatu benda, si kecil akan memasukkannya ke dalam mulut. Tidak heran jika nantinya dia akan meringis jika rasanya aneh di lidah.

Salah satu ciri normal dan menariknya perkembangan bayi ini harus Mom imbangi dengan pengawasan karena bisa jadi benda yang dimasukkannya itu bisa menyebabkan keracunan. Jadi, Mom juga pelu hati-hati dalam menyimpan obat nyamuk, pengharum ruangan, ragam sabun, dan lainnya agar tidak mudah dijangkau olehnya.

5. Pantang Menyerah

Fakta menarik yang dimiliki bayi ini sudah sepatutnya ditiru oleh orang dewasa. Bayi yang baru belajar merangkak, berusaha untuk bisa berdiri. Setelah itu, dia akan berusaha untuk bisa berpindah tempat dengan cara berjalan pelahan menggunakan penopang.

Ketika merasa sudah bisa berjalan, secara perlahan dia akan melepaskan penopang. Padahal, percobaannya seringkali menyebabkannya jatuh tengkurap ke depan atau telentang ke belakang. Tapi, si kecil tidak kapok karena ‘menyerah’ merupakan kata pantangan baginya.

Cukup menarik bukan, jika perkembangan bayi ini benar-benar Mom amati? Apalagi usia 1 tahun sampai batita yang merupakan golden age memang membuatnya tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat, baik dari segi fisiknya maupun kecerdasannya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *