4 Tips Jitu Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 Bulan

 

Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 bulan yang paling menonjol adalah kemampuan untuk meraih benda yang menarik perhatiannya. Tidak jarang bayi akan berguling dan berusaha menggerakkan tubuhnya agar bisa mendekati benda tersebut. Nah, untuk mengoptimalkan perkembangan dan pergerakannya ini, berikut tips-tips yang bisa Mom terapkan.

Tips 1 Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 Bulan: Mainan

Seperti yang diulas dalam pembuka, bayi cenderung tertarik dengan benda yang disukainya khususnya mainan. Jadi, tips pertama untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 3-4 bulan ini bisa dengan ragam mainan bayi. Selain itu, bayi juga sudah bisa menggenggam sebuah benda dengan baik dan kencang, terutama seukuran genggamannya.

Kadang-kadang si kecil yang menangis bukan karena haus, popok yang tidak nyaman atau gigitan serangga, akan tetapi tandanya dia butuh perhatian. Nah, salah satu cara yang bisa Mom lakukan adalah dengan mengajaknya bermain yang juga memberi dampak positif pada tumbuh kembang fisik maupun kecerdasan otaknya.

Mainan warna cerah, berbunyi, dan tidak berbahaya adalah kriteria penting yang harus dimiliki mainan sebelum diberikan pada bayi Mom di usianya yang 3 bulan. Kemudian, untuk mengoptimalkan pergerakannya, letakkan mainan tersebut itu agak jauh dari lokasi si kecil agar dia berusaha untuk meraihnya meski dengan berguling dan butuh waktu lama.

Tips 2 Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 Bulan: Bersosialisasi

Mulai terbuka dan menyahut saat disapa meski dengan suara yang terdengar abstrak serta membalas senyuman orang yang baru dikenal. Mudah tertawa saat ada orang baru yang mengajaknya bercanda dan bermain. Tapi, keterbukaannya dalam berosisalisasi tetap membutuhkan peran Mom.

Jadi, Mom perlu berada di sampingnya atau dalam posisi sedang menggendongnya. Dengan cara ini, buah hati Mom merasa tentram dan terlindungi. Karena dia percaya bahwa orang terdekatnya yaitu Mom, akan melindunginya dari orang yang berbuat tidak baik padanya.

Tips 3 Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 Bulan: Buku Cerita

Bacakan cerita menarik karena usia 3 bulan ini sudah memiliki ingatan yang baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa semakin sering Mom mengajaknya berkomunikasi, maka makin tinggi IQ dan jumlah perbendaharaannya makin banyak.

Hasil ini berbanding terbalik dengan bayi lain yang jarang diajak ngobrol atau bicara serta dibacakan buku cerita oleh orang tua dan orang-orang terdekatnya. Jadi, luangkan waktu Mom untuk membeli buku cerita dan bacakan untuknya. Pilih buku cerita yang disertai gambar dengan warna-warna cerah agar semakin menarik minatnya.

Tips 4 Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan ke 4 Bulan: Meniru

Meniru juga bisa mengoptimalkan perkembangan bayi Mom. Contohnya adalah ketika Mom mengajaknya bermain bola karet, maka sebutkan nama B-O-L-A padanya. Lama-kelamaan, bayi Mom akan meniru ucapan Mom.

Selain itu, ajari juga cara permainannya, misalnya dengan menggelindingkan bola karet di lantai. Mengingat pergerakannya yang masih tengkurap dan berguling, sebaiknya jangan menggelindingkannya terlalu jauh. Kemudian, jika bermain di tempat tidur, awasi agar bolanya tidak berada di tepi tempat tidur atau jatuh ke lantai.

Perkembangan bayi 3 bulan ke 4 bulan memang merupakan salah satu fase perkembangan tercepat, meski masih lebih cepat saat usianya sudah memasuki 4 bulan. Tapi umumnya, perkembangan dalam bentuk pergerakan aktif ini sudah dimulai pada bulan ke-3. Jadi, jika Mom belum mendapati perkembangan seperti ini, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *