4 MPASI 7 Bulan Homemade yang Mudah Mom Buat Sendiri

Bayi yang melewati usia 6 bulan berarti sudah melewati masa pemberian ASI ekslusifnya dan Mom perlu memberinya asupan tambahan selain ASI (MPASI). Meski sudah banyak MPASI 7 bulan, 1 tahun, dan seterusnya yang dijual dalam bentuk kemasan instan, akan lebih baik jika Mom membuatnya sendiri. Berikut 4 contoh MPASI homemade yang bisa Mom coba.

1. Bubur Merah dengan Ayam

Menu MPASI pertama yang sangat mudah dibuat di rumah adalah bubur merah dengan ayam. Seperti yang sudah Mom ketahui, kandungan nutrisi beras merah cenderung lebih baik dari beras putih. Jadi, menu sehat ini sangat cocok untuk melatih lidahnya agar terbiasa dengan bubur dari beras merah.

Mom hanya perlu merebus 25 gram beras merah dengan potongan 40 gram daging atau hati ayam segar, 20 gram kacang merah yang telah direbus dan dihaluskan, serta 20 gram tahu. Kemudian, masak dengan ½ liter air selama 15-20 menit atau sampai teksturnya halus dan menyerupai bubur.

MPASI 7 bulan yang satu ini diberikan 2 kali sehari. Jika sudah terbiasa dengan 2-3 sendok makan saat pengenalan MPASI (usia 6 bulan), Mom bisa menambah porsinya sesuai dengan kebutuhan nutrisi si kecil yang bisa Mom ketahui setelah berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi.

2. Bubur Kentang dengan Telur

Resep MPASI 7 bulan berikutnya ini juga tidak terlalu sulit dan hampir sama prosesnya. Hanya saja, sumber karbohidrat dari beras merah diganti dengan kentang. Sedangkan sumber protein dan lemak hewaninya bukan daging atau hati ayam, melainkan telur ayam atau bebek. Gunakan ½ liter air untuk memasak bubur kentang telur ini.

Untuk kacang sebagai sumber protein nabati, Mom bisa menggantinya dengan kacang kedelai. Kacang kedelai ini akan lebih mudah jika dicampurkan dalam keadaan sudah menjadi tempe mentah. Tahu juga bisa ditiadakan karena keberadaan tempe sudah memenuhi kebutuhan si kecil. Tambahkan ½ potong wortel, lalu rebus semuanya sampai menjadi bubur.

3. Bubur Gandum dengan Ikan Tuna

Selanjutnya, MPASI 7 bulan dengan bahan dasar gandum dan ikan tuna. Bahan yang dibutuhkan yaitu 25 gram kentang yang sudah direbus, 40 gram ikan tuna, 1 buah tomat, 20 gram kacang merah, dan 20 gram tahu. Tambahkan pula 2 helai seledri dan ½ potong wortel,

Jika sulit didapat, gandum bisa diganti dengan beras putih atau ubi. Sedangkan ikan tuna bisa diganti dengan ikan sarden dan ikan laut lainnya yang masih segar. Rebus semua bahan ini dengan ½ liter air sampai menjadi bubur kental.

4. Biskuit Gandum

Jika Mom memiliki alat pemanggang atau microwave, kreasi MPASI 7 bulan berikutnya yang bisa Mom berikan pada si kecil adalah biskuit gandum. Meski pertumbuhan gigi susu-nya belum sempurna, Mom bisa memberikan biskuit gandum karena teksturnya memang mudah melebur dan tidak sulit ditelan. Mom hanya perlu mengawasinya agar tidak tersedak.

Usia 7 bulan membuat si kecil sudah mampu mengenggam sendiri MPASI yang satu ini. Berikan 1 keping biskuit saat si kecil terjaga dan siapkan air putih matang atau ASI sebagai menu MPASI sekaligus camilannya. Cara membuatnya seperti membuat biskuit lain pada umumnya. Hanya saja hindari penggunaan gula dan garam yang berlebihan.

Selain keempat resep tersebut, Mom bisa mengombinasikan dan membuat kreasi sendiri MPASI 7 bulan yang akan diberikan pada si kecil. Intinya, kandungan nutrisi di dalam MPASI tersebut benar-benar seimbang, sehingga kebutuhan si kecil terhadap karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitaminnya bisa terpenuhi.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *