4 Kemampuan Umum dalam Perkembangan Bayi 1 Bulan sampai 1 Tahun

Banyak hal yang sudah bisa dilakukan bayi bahkan sejak lahir dan memasuki usia 1 bulan. Setelah itu, perkembangan bayi 1 bulan sampai 1 tahun pun terus berjalan secara signifikan. Secara garis besar, berikut 4 kemampuan umum yang bisa Mom lihat pada bayi di usia tersebut.

  1. Mengepalkan Tangan

Kemampuan umum pertama yang mengiringi perkembangan bayi 1 bulan sampai 1 tahun adalah mengepalkan tangan dan mengenggam. Tentunya kepalan dan genggaman tangan ini bukan sekadar bawaan setiap bayi saat si kecil lahir.

Mom bisa merasakannya saat mencoba untuk memberi stimulus dengan cara menempelkan jari telunjuk Mom ke tangannya. Selanjutnya, buah hati Mom akan langsung memberi respon untuk menggenggamnya. Genggaman yang dimaksud di sini adalah genggaman yang terus menguat seperti saat menuntun anak kecil.

  1. Mengeluarkan Suara

Pada proses pertumbuhan dan perkembangan bayi 1 bulan sampai 1 tahun, buah hati memang masih sering menggunakan tangisan sebagai bentuk komunikasinya. Meski demikian, bayi pada periode emas atau bayi di usia 0 bulan sampai 1 tahun ini juga sudah bisa mengeluarkan suara-suara abstrak dari mulutnya, dari intonasi rendah sampai tinggi.

Nah, sebagai seorang ibu biasanya intuisi Mom lebih baik dalam menginterpretasikan arti tangisan maupun suara-suara yang dikeluarkan dari mulut mungilnya. Saat menangis, biasanya ada perbedaan antara rasa lapar, terganggu karena gigitan serangga atau sekadar ingin dipeluk dan digendong.

Untuk menstimulasi kemampuan berkomunikasi seiring berjalanannya pertumbuhan dan perkembangan bayi 1 bulan dalam hal komunikasi ini, banyak hal yang sebenarnya bisa Mom lakukan. Salah satu di antaranya yaitu sering mengajaknya bicara karena meskipun belum paham, bayi Mom akan mengingat setiap kosakata yang keluar dari mulut Mom. Bayi yang sering diajak bicara juga umumnya lebih cepat dalam perkembangan bahasa.

  1. Menatap dengan Fokus

Kemampuan berikutnya yang dikuasai bayi tahun pertama adalah tatapan mata yang mulai bisa fokus. Biasanya, pandangan mata bayi yang baru lahir memang tampak seperti kosong. Namun demikian seiring bertambahnya hari dan bulan, pandangan matanya menjadi lebih fokus. Kemampuan dalam perkembangan bayi 1 bulan sampai 1 tahun bisa terus dilatih.

Caranya yaitu dengan menggerak-gerakkan jari tangan Mom di depan wajahnya. Meski pergerakan kepalanya masih minim, bayi pada usia ini akan berusaha untuk mengikuti pergerakan jari tangan Mom yang berarti stimulus yang diberikan mendapat respon positif dan memuaskan.

  1. Menggerakkan Kepala

Seperti yang diulas pada poin sebelumnya, bayi pada bulan-bulan pertama sudah bisa menggerakkan sedikit kepalanya untuk mengamati lingkungan sekitar. Selanjutnya, perkembangan bayi ini akan semakin terlihat kentara dan berkembang saat usianya menuju 1 tahun.

Beberapa kemampuan lainnya yang dimiliki bayi pada usia tahun pertama adalah mulai bisa berdiri dan menyebutkan nama sebuah benda meski masih cadel. Tentu saja. Sesuai dengan umur mereka. Bayi pada usia ini juga sudah bisa merespon saat Mom ingin memakaikan pakaiannya. Melihat perkembangan bayi 1 bulan sampai 1 tahun di atas, maka penting untuk memberinya asupan pelengkap ASI.

Contohnya yaitu MPASI (Makanan Pendamping ASI) karena sistem pencernaannya sudah lebih kuat sehingga siap mencerna MPASI tanpa adanya reaksi alergi, infeksi kuman, atau semacamnya. Setidaknya, dalam MPASI tersebut terdapat kandungan karbohidrat, protein, serta lemak sehat. Beri juga vitamin dan vaksin untuknya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *