4 Karakteristik Khusus Perkembangan Bayi 7 Bulan dan Stimulasinya

Beberapa ibu kadang mengeluhkan perkembangan bayi 7 bulan yang tidak sesuai dengan perkembangan bayi lain pada umumnya. Padahal, setiap bayi tidak mengalami perkembangan yang sama mutlak dengan bayi lain. Oleh karena itu, penting untuk Mom ketahui karakteristik perkembangannnya pada usia ini dan apa saja yang bisa menjadi stimulasinya.

  1. Makin Aktif Bergerak, Stimulasinya Kertas Warna

Karakteristik pertama yang menandai perkembangan bayi 7 bulan adalah semakin aktif. Si kecil mudah penasaran dengan hal-hal baru dan mencoba untuk mendekatinya. Dia juga suka dengan benda berwarna terang. Oleh karena itu, stimulasi yang tepat adalah dengan memberi benda berwarna.

Contohnya kertas warna. Mom juga bisa sekalian mengajarinya berbagai macam warna. Tapi, awasi agar kertas-kertas ini tidak termakan olehnya. Alternatif lainnya adalah dengan menyalakan lampu senter di kamar yang dibuat gelap. Si kecil pasti akan memperhatikan pergerakan cahaya dari senter yang Mom gerak-gerakkan.

  1. Mampu Merangkak, Stimulasinya dengan Tengkurap

Perkembangan bayi 7 bulan juga ada yang ditandai dengan kemampuan merangkak. Meski demikian, kemampuan ini cukup relatif. Ada bayi yang sudah bisa merangkak saat usianya 6 bulan, ada juga yang baru bisa melakukannya setelah berusia 10 bulan.

Cara menstimulasi kemampuan ini bisa dengan membuatnya berad adalam posisi tengkurap. Lama-kelamaa, si kecil akan berusaha mengangkat kepala, leher, tangan, kemudian lututnya. Setelah itu, proses merangkak akan berjalan secara alami. Selama proses ini berlangsung, Mom harus terus mengawasinya agar tidak terjatuh dari tempat tidur.

  1. Mampu Tengkurap, Stimulasinya Tidur dan Mainan

Bayi 7 bulan juga memiliki karakteristik berupa kemampuan untuk tengkurap. Posisi ini berhubungan dengan usahanya untuk belajar merangkak. Kemampuan untuk tengkurap yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan Mom atau orang lain.

Oleh karena itu, untuk menstimulasinya Mom bisa melatihnya untuk berguling dari posisi telentang ke tengkurap. Bisa juga dengan sengaja memosisikannya agar tidur tengkurap sehingga si kecil memiliki inisiatif sendiri untuk mengubah posisi tidurnya. Stimulus lainnya bisa dengan memberinya mainan di atas samping sehingga dia tergerak untuk berguling.

  1. Mengucapkan Kata Tertentu, Stimulasinya Komunikasi

Karakteristik berikutnya yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan adalah kemampuan dalam mengucapkan kata-kata tertentu yang pernah Mom ajarkan. Misalnya, mengucap kata ‘Mama’, ‘Baba’ (dari kata Cilukba), serta suku kata berulang lainnya. Secara bertahap, Mom bisa mengajarkan kata-kata lainnya dengan suku kata berbeda.

Stimulasi untuk mengoptimalkan kemampuannya ini bisa Mom lakukan dengan cara terus mengajaknya berkomunikasi. Karena sebenarnya, si kecil adalah ‘peniru’, Jadi, apapun yang Mom katakan sudah bisa diingat, masuk ke dalam memorinya lalu ditiru, meskipun si kecil belum sepenuhnya memahami apa yang Mom katakan.

Seringkali si kecil yang lebih dulu berceloteh dan mengajak Mom bicara. Sesibuk apapun Mom sebaiknya tanggapi ajakannya tersebut dengan menimpali apapun yang dikatakannya. Dengan demikian, buah hati Mom tidak akan merasa diabaikan dan kemampuannya untuk berbicara bisa semakin meningkat, begitupula dengan perbedaharaan katanya.

Sudah jelas bukan, seperti apa karekteristik khusus yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan? Ada beberapa kemampuan yang sudah dimiliki bayi pada usia 7 tahun tapi baru bisa didapati pada bayi lain di usianya yang sudah 10 bulan. Mom hanya perlu bersabar sambil ikhtiar dengan cara memberi ASI eksklusif, MPASI sehat dan berkualitas serta stimulasinya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *