4 Jenis Mainan yang Mendukung Perkembangan Bayi 6 Bulan Lebih

Perkembangan bayi 6 bulan biasanya ditandai dengan pergerakannya yang semakin aktif dan penasaran dengan berbagai hal yang menarik perhatiannya. Jika untuk mendukung pertumbuhan si kecil, Mom sudah bisa memberikan MPASI, maka untuk mendukung perkembangannya, Mom bisa memberikan mainan-mainan berikut.

Mainan ke-1 untuk Bayi 6 Bulan Lebih: Robot Musik

Mainan pertama yang mendukung perkembangan bayi 6 bulan adalah robot musik. Karena pada usia 6 bulan ini, salah satu yang menarik perhatiannya adalah bunyi-bunyian. Tapi hindari memutar suara dengan volume yang terlalu keras karena bisa mengganggu sistem pendengarannya.

Jika bayi Mom berjenis kelamin perempuan, pemilihan robot ini bisa diganti dengan boneka. Berbagai jenis karakter hero dan princess juga bisa dijadikan pilihan. Alternatif lainnya bisa menggunakan boneka yang mampu bicara atau mengaji seperti yang saat ini banyak dijual di online shop.

Mainan ke-2 untuk Bayi 6 Bulan Lebih: Rattle

Perkembangan bayi 6 bulan juga bisa didukung dengan rattle. Mainan ini tentu sudah tidak asing lagi untuk Mom bukan? Rattle dibuat dari bahan karet, plastik, atau kain yang lembut dan aman bagi si kecil saat tergigit. Saat ini, rattle dengan beragam bentuk bisa Mom temukan di toko mainan sampai toko kelontong.

Secara spesifik, mainan ini memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan giginya jika sering digigit. Kadang-kadang mainan ini juga dilengkapi dengan hiasan berupa krincingan sehingga bisa sekaligus melatih fokus penglihatan dan pendengarannya.

Ragam lainnya ada yang diberi tambahan air dan pernak-pernik di dalam ruang kosong yang dibuat transparan. Selain balita dan batita, bayi 6 bulan juga akan sangat tertarik dengan mainan yang satu ini. Pergerakan air dan pernak-pernik yang bergerak mampu melatih perkembangan kecerdasan dan sistem koordinasinya.

Mainan ke-3 untuk Bayi 6 Bulan Lebih: Cermin Bayi

Perkembangan bayi 6 bulan juga ditandai dengan ketertarikannya dalam bersosialisasi. Mom bisa melatihnya melalui cermin bayi karena si kecil akan tertarik untuk memperhatikan dirinya sendiri. Saat ini, cermin bayi berbahan plastik yang tidak membahayakan si kecil sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko.

Mom bisa mengajaknya bercermin berdua sambil berbaring, lalu perkenalkan setiap anggota tubuhnya melalui pantulan dirinya di dalam cermin. Mainan ini membuatnya terbiasa saat bertemu dengan orang lain seperti om, tante, kakek, nenek, serta saudara-saudara sepupunya, baik yang masih bayi juga atau yang lebih besar/dewasa.

Mainan ke-4 untuk Bayi 6 Bulan Lebih: Boneka Tangan

Mainan lainnya yang mendukung perkembangan bayi 6 bulan adalah boneka tangan. Iringi dengan dongeng atau kisah jenaka saat memainkan boneka tangan ini. Selain beli sendiri, kadang beberapa produk susu bayi juga menyertakan mainan ini sebagai hadiah selama promo. Sebaiknya miliki lebih dari 1 buah agar semakin memudahkan untuk mendongeng.

Boneka tangan berbentuk binatang akan lebih seru karena Mom bisa mengenalkan nama-nama binatang, suara-suaranya, serta kisah yang Mom ceritakan padanya. Permainan dengan boneka tangan bisa meningkatkan intensitas komunikasi Mom dengannya. Warna-warna menarik dari boneka tangan ini juga mampu melatih kemampuan visualnya.

Nah, jika ingin perkembangan bayi 6 bulan lebih optimal, dukung dengan mainan-mainan yang bisa meningkatkan kecerdasan dan gerak panca inderanya tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan semua mainannya tanpa terkecuali. Kemudian, hindari mainan berbahaya yang rapuh atau bertali panjang yang bisa melilit tangan atau lehernya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *