4 Ciri Normal yang Bisa Mom Amati pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih

 

Menurut beberapa sumber referensi bayi diantara usia 1 bulan sampai 1 tahun, perkembangan bayi 4 bulan lebih yang menunjukkan hasil paling signifikan. Mom tentu menyadari perkembangannya yang terasa cepat di usia 4 bulan lebih ini. Perkembangan yang normal pada bayi 4 bulan ini bisa Mom amati dari ciri-ciri berikut.

Ciri 1 Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih yang Normal: Mampu Berceloteh

Salah satu ciri yang paling dominan yang bisa Mom dapati dari bayi berusia 4 bulan lebih adalah kemampuannya berceloteh seperti mengucap ‘mama’, ‘baba’, ‘papa’, dan dua suku kata berulang lainnya. Bahkan, jika sebelumnya Mom sering mengajak bermain ‘Cilukba’, dia akan dengan semangat berusaha meniru pelafalan kata tersebut.

Sangat menyenangkan memiliki bayi pada usia ini terkait kegemarannya dalam berceloteh. Alhasil, Mom tidak akan merasa kesepian saat hanya berdua saja di rumah. Selain itu, apapun yang Mom ucapkan akan langsung ditanggapi oleh sang buah hati. Secara tidak langsung Mom bisa menjadikannya tempat berkeluh kesah.

Meski demikian, sebaiknya Mom lebih sering mengajaknya bercanda daripada sebagai tempat curhat. Karena meski si kecil belum terlalu memahami apa yang Mom katakan, kalimat positif dan negatif yang ke luar dari mulut Mom bisa memberi efek yang sama bagi perkembangannya.

Ciri 2 Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih yang Normal: Sinkronisasi Gerak

Bayi 4 bulan pergerakannya lebih sinkron karena koordinasi antara alat gerak, yaitu tangan dengan matanya sudah berkembang dengan sangat baik. Tidak heran jika si kecil secara mandiri sudah bisa mengambil mainan yang ada di dekatnya. Jika diamati dengan baik, kerjasama antara organ penyusun sistem koordinasi dan gerak tersebut terlihat menakjubkan.

Selain itu, saat melihat bola menggelinding atau mainan apapun yang bergerak, mata dan kepalanya akan mengikuti arah pergerakan mainan tersebut. Kemudian bayi 4 bulan lebih juga sudah bisa menegakkan tangan dan kaki saat tidur tengkurap hingga melengkung seperti kucing yang sedang marah. Posisi ini membuat leher dan kepalanya menjadi semakin kuat.

Ciri 3 Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih yang Normal: Menapak ke Lantai

Perkembangan bayi yang sudah memasuki atau baru melewati usia 4 bulan memang belum bisa berjalan. Tapi, saat Mom menuntun kedua tangannya dari belakang, kedua kakinya sudah bisa menapak atau menjejak mantap di lantai. Biarkan si kecil mencoba merangkak terlebih dahulu agar pinggangnya tidak terasa sakit.

Selain itu, posisi duduk bayi 4 bulan juga sudah jauh lebih tegap dan stabil daripada saat masih berusia 3 tahun. Hal ini dikarenakan kontur tulang belakangnya yang semakin menguat seiring bertambahnya usia si kecil sehingga sandaran atau penopang tidak dibutuhkannya lagi saat ingin duduk.

Ciri 4 Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih yang Normal: Guling-guling

Ciri lainnya yang bisa Mom lihat pada bayi 4 bulan dengan perkembangan normal adalah sering menggulingkan badannya dari posisi tengkurap ke telentang atau sebaliknya. Biasanya hal ini dia lakukan untuk bergerak menuju benda yang membuatnya sangat tertarik, misalnya mainan atau Mom yang mengajaknya bermain.

Perkembangan bayi 4 bulan lebih yang normal memang tidak selalu sama pada tiap bayi. Oleh karena itu, Mom perlu mengonsultasikannya pada dokter tentang hal ini. Bisa jadi bukan disebabkan oleh penyakit, melainkan kurangnya stimulus atau rangsangan yang diberikan Mom sebagai orang tua dan orang terdekat karena Mom sibuk kerja bersama suami.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *