4 Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi 5 Bulan Setengah yang Harus Mom Tahu

Setiap bayi selalu tumbuh dan berkembang setiap waktunya tidak terkecuali saat memasuki usia 5 bulan. Perkembangan bayi 5 bulan setengah atau 5 bulan lebih membuat bayi sudah mampu menggunakan setiap organ tubuhnya. Meski tidak bisa dibandingkan dengan perkembangan bayi usia 1 tahun, setidaknya Mom bisa menstimulasinya dengan cara berikut.

Stimulan ke-1 untuk Bayi 5 Bulan Setengah: Beri Sandaran Bantal

Kemampuan utama yang mengiringi perkembangan bayi 5 bulan setengah adalah sudah bisa duduk, meski awalnya masih bertumpu pada kedua tangannya. Oleh karena itu, jika untuk memudahkannya duduk, Mom bisa memberinya bantal untuk sandaran. Sebagian besar bayi memiliki perkembangan yang berbeda terkait kemampuannya untuk duduk.

Ada bayi yang baru berusia 4 bulan sudah bisa duduk tanpa sandaran, tapi sebagian lagi ada yang baru bisa belajar duduk di usia ini. Manfaat bantal ini bisa menghindarkannya dari punggung yang bengkok.

Selain itu, dengan semakin sering menyediakan bantal lama-kelamaan buah hati Mom akan paham dan menyediakan sendiri bantal untuknya saat ingin duduk. Kemudian bisa duduk dengan posisi stabil tanpa bantuan bantal atau sandaran lainnya.

Stimulan ke-2 untuk Bayi 5 Bulan Setengah: Ajak Bicara

Pada usia 5 bulan setengah, bayi juga sudah pandai mendecakkan lidah, bergumam hingga tertawa. Perkembangan bayi 5 bulan lebih ini merupakan kemampuan awalnya dalam berkomunikasi. Mom bisa lebih mudah membedakan antara suara tangisan saat buah hati sedang lapar, gelisah karena gigitan serangga, sampai pup.

Untuk menstimulasi perkembangannya ini, Mom harus terus mengajaknya bicara dan memancingnya untuk tertawa. Memorinya bisa menyimpan stimulus dari Mom dan tahu respon apa yang harus diberikan setiap kali Mom mengajaknya bicara atau berkomunikasi.

Stimulan ke-3 untuk Bayi 5 Bulan Setengah: Beri Cangkir Bermoncong

Stimulan berikutnya yang sangat disarankan untuk mom berikan pada si kecil saat usianya yang memasuki 5 bulan adalah cangkir bermoncong. Pilih cangkir bermoncong dengan dua pegangan tangan dan dibuat dari bahan food grade yang aman untuk bayi.

Stimulan ini masih ada hubungannya dengan kemampuan bayi usia 1 bulan dalam menggenggam. Selain itu, cangkir bermoncong menghindarkannya dari menumpahkan minuman saat pegangannya kurang stabil.

Nah, pada perkembangan bayi 5 bulan lebih, kemampuannya lebih meningkat. Tangannya tidak hanya mampu untuk menahan beban tubuh saat ingin duduk, tapi juga sudah cukup kuat untuk menggenggam dan membawa gelas berisi air minumnya. Agar aman untuknya, beri gelas bermoncong yang airnya tidak mudah tumpah serta dilengkapi dengan dua pegangan.

Stimulan ke-4 untuk Bayi 5 Bulan Setengah: Lebih Ekspresif

Perkembangan bayi 5 bulan lebih membuat bayi Mom lebih aktif dari sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk Mom mengimbanginya. Dalam hal ini Mom bisa mencoba bertindak lebih ekspresif.

Misalnya bertepuk tangan, melempar senyum, pujian, dan pelukan saat buah hati Mom melakukan sesuatu yang luar biasa, contohnya bisa duduk sendiri tanpa bantuan Mom. Selain itu bayi Mom juga sudah memahami warna, jadi ajari juga berbagai warna cerah padanya.

Pada usia ini, Mom perlu memperhatikan kuantitas pemberian ASI karena perkembangan bayi 5 bulan lebih ini merupakan masa transisi menuju usia 6 bulan. Itu artinya Mom juga perlu mempersiapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang juga kandungannya turut mempengaruhi tumbuhkembangnya nanti.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *