4 Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi 10 Bulan Belum Merangkak

Perkembangan bayi 10 bulan biasanya ditandai dengan kemampuannya merangkak untuk berpindah tempat. Sayangnya, tidak semua bayi berusia 10 bulan sudah mengalami perkembangan yang satu ini. Padahal usia 7 bulan pun seharusnya sudah bisa merangkak. Nah untuk menstimulasi agar bisa merangkak, Mom terapkan cara-cara berikut.

Cara 1 Menstimulasi Bayi 10 Bulan Belum Merangkak: Tidur Tengkurap

Perkembangan bayi 10 bulan yang tidak ada tanda-tanda mampu merangkak umumnya disebabkan oleh kebiasaan tidur telentang. Oleh karena itu, sebaiknya Mom biarkan ketika si kecil ingin tengkurap atau atur agar sering beraktivitas dalam posisi tengkurap.

Bayi yang bermain atau tidur dalam posisi tengkurap biasanya berusaha untuk mengangkat kepala dan lehernya hingga telentang. Lama-kelamaan posisi ini juga mampu melatih kekuatan lutut dan tangannya yang menjadi tumpuan utama saat si kecil belajar merangkak.

Setelah si kecil berada dalam posisi tengkurap, berikan stimulasi berupa ajakan untuk bermain. Caranya  dengan memberinya aba-aba untuk mendekati Mom (duduk atau berbaring) yang berada 1-2 meter di depannya.

Cara 2 Menstimulasi Bayi 10 Bulan Belum Merangkak: Jangan Digendong

Cara berikutnya jika ingin perkembangan bayi 10 bulan yang normal dan bisa merangkak dialami olah buah hati, sebaiknya Mom jangan keseringan menggendong si kecil  terutama di dalam rumah, apalagi memang sedang tidak rewel.

Membawanya jalan-jalan ke luar rumah tentu hal yang berbeda. Jadi, Mom bisa menggendongnya atau menggunakan kereta bayi yang saat ini banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Merangkak tentu berbeda dengan berjalan sehingga Mom jangan salah beli baby walker yang diperuntukkan bagi bayi yang sedang belajar berjalan.

Tapi, jika berada di dalam ruangan terutama kamar atau tempat tidur, turunkan si kecil dan biarkan dia bergerak sesuka hati dengan tetap berada dalam pengawasan Mom. Bayi yang terlalu sering digendong juga membuat perutnya tidak nyaman. Padahal selain tangan dan lutut, beberapa bayi merangkak menggunakan perut, kaki, bahkan pantatnya.

Cara 3 Menstimulasi Bayi 10 Bulan Belum Merangkak: Beri Mainan

Bagaimana jika sudah diatur dalam posisi tengkurap tapi si kecil belum juga mau bergerak merangkak? Jika hal ini yang terjadi, Mom bisa memberi stimulus melalui mainan favoritnya. Letakkan mainan tersebut sekitar 1 meter di depan posisinya berbaring tengkurap. Kemudian buat dia tertarik untuk mendekati mainan tersebut.

Mau tidak mau si kecil akan bergerak dengan cara merangkak. Dengan cara ini, dijamin perkembangan bayi 10 bulan pada buah hati Mom tetap berjalan baik dan normal. Cara ini memang tidak jauh berbeda dengan cara pertama, hanya stimulusnya saja yang dibedakan.

Cara 4 Menstimulasi Bayi 10 Bulan Belum Merangkak: Lepas Pakaian

Perkembangan bayi 10 bulan yang belum merangkak juga bisa diberi stimulus berupa pergerakan yang lebih leluasa dengan melepas pakaiannya. Karena kadang pakaian-lah yang menjadi penghamatnya untuk bergerak.

Mom tidak perlu mencari waktu khusus atau sengaja membuka pakaiannya. Cara ini bisa dengan mudah Mom lakukan setelah memandikannya. Beri dia minyak telon yang menghangatkan tubuhnya sehingga tidak masuk angin, lalu tengkurapkan si kecil di tempat tidur. Setelah itu, pancing dia untuk bergerak dan merangkak.

Meski perkembangan bayi 10 bulan umumnya ditandai dengan kemampuan merangkak, bukan berarti si kecil tidak normal jika belum bisa merangkak pada usia tersebut. Beberapa bayi bahkan bisa langsung berdiri tanpa melewati proses merangkak. Hal ini juga tidak berpengaruh terhadap kondisi medisnya.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *