4 Cara Mengatasi Perkembangan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Melewati usia 8 bulan, perkembangan bayi 9 bulan ditandai dengan tumbuh gigi. Mom bisa mendeteksinya dari perubahan emosi buah hati yang menjadi lebih rewel dari biasanya. Tapi, kadang-kadang ada juga bayi yang belum menujukkan pertumbuhan gigi di usianya yang ke-9 bulan. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini yang bisa Mom lakukan.

  1. Atasi dengan Membersihkan Gusi

Cara pertama mengatasi perkembangan bayi 9 bulan yang tidak diiringi dengan adanya tanda-tanda pertumbuhan gigi yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulutnya. Oleh karena si kecil belum boleh sikat gigi, Mom bisa membersihkannya dengan jari tangan yang sebelumnya sudah dibungkus dengan kain basah.

Gosok gusi yang menjadi tempat tumbuhnya gigi dengan kain basah tersebut, lakukan secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusinya. Dengan membersihkan gusinya secara rutin, bukan hanya terhindar dari bakteri, Mom juga bisa segera mendeteksi pertumbuhan giginya sejak dini sehingga bisa mengambil langkah tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya.

  1. Atasi dengan Mainan Karet

Cara berikutnya untuk mengatasi perkembangan bayi 9 bulan yang belum juga tumbuh gigi adalah dengan mainan karet. Hal ini sangat mudah dilakukan mengingat si kecil yang memang suka memasukkan benda ke mulut dan mengigit-gigitnya. Tapi, seleksi mainan karet yang menjadi mainannya. Usahakan agar bahannya aman untuk digigit si kecil.

Selain itu, bersihkan secara rutin setiap hari atau setiap akan digunakan untuk bermain dengan cara merendam atau mencucinya menggunakan air hangat. Hindari memberinya karet gelang karena benda yang cukup elastis ini bisa diregangkan dengan mudah sehingga cenderung menyakitinya saat langsung dilepas.

  1. Atasi dengan Finger Food

Perkembangan bayi 9 bulan tanpa adanya gigi bisa diatasi dengan pemberian camilan dalam bentuk finger food. Contohnya wortel, kentang atau sayuran lainnya yang sudah dipotong-potong dalam bentuk stik dan direbus. Pastikan agar teksturnya tidak terlalu keras sehingga sulit untuk digigit maupun terlalu lunak sehingga mudah hancur saat digenggam.

Seperti halnya mainan karet, semakin sering dia menggigit maka akan semakin merangsang pertumbuhan giginya. Hanya saja Mom juga harus mengawasinya saat si kecil mengonsumsi MPASI ini untuk berjaga-jaga dalam menghindari kemungkinan buah hati tersedak. Jadi, selalu siap sedia air minum hangat selagi si kecil makan.

  1. Atasi dengan Pemeriksaan Gigi

Perkembangan bayi 9 bulan yang tidak diiringi dengan pertumbuhan gigi juga bisa Mom atasi dengan memeriksakan gigi si kecil. Pemeriksaan gigi yang pertama memang sebaiknya dilakukan sebelum bayi berusia 1 tahun. Jadi dengan belum tumbuhnya gigi si kecil di usianya yang ke-9 bulan, Mom bisa sekalian melakukan pemeriksaan gigi pertama padanya.

Dokter yang berwenang dan ahli dalam petumbuhan gigi tentu mampu memberi pemahaman tentang perkembangan gigi buah hati Mom. Selain itu, Mom juga bisa leluasa bertanya tentang penyebab keterlambatan pertumbuhan giginya, meminta saran agar si kecil bisa cepat tumbuh gigi, sampai cara perawatan yang benar jika giginya sudah benar-benar tumbuh.

Perkembangan bayi 9 bulan yang tidak diiringi dengan pertumbuhan gigi bukan berarti di tidak normal. Faktor turunan atau genetik bisa menjadi salah satu penyebabnya. Meski demikian, jika sudah sampai 18 bulan belum juga tumbuh gigi sementara semua cara di atas sudah dilakukan, maka Mom harus segera memeriksakan kembali di kecil ke dokter.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *