4 Cara Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 8 Bulan ke Atas

Pertumbuhan dan perkembangan bayi 8 bulan biasanya diiringi dengan pertambahan berat (6-10 kg) dan tinggi badan (65-74 cm) serta kemampuannya menuju pergerakan yang sempurna yakni berjalan. Meski masih memerlukan kursi, meja atau penopang lain di sekitarnya, Mom perlu mendukung pertumbuhannya ini dengan cara-cara berikut.

  1. Dukung Tumbuh Kembang Bayi 8 Tahun ke Atas dengan Menuntunnya

Perkembangan bayi 8 bulan yang ditandai dengan kemampuannya berjalan tentu butuh dukungan dan bimbingan Mom. Caranya yaitu dengan membantu menuntun atau membimbing kedua tangannya dari belakang. Biarkan Mom yang mengikuti pergerakan langkahnya dan jangan terburu-buru membimbingnya.

Jika dibandingkan penopang atau alat bantu beridiri lainnya, jari Mom lebih sesuai dalam genggaman tangan bayi. Oleh karena itu, cara ini juga jauh lebih aman daripada menggunakan kursi atau meja, apalagi jika furnitur-furnitur tersebut berukuran kecil serta terbuat dari plastik yang ringan sehingga mudah bergeser dan tidak stabil.

  1. Dukung Tumbuh Kembang Bayi 8 Tahun ke Atas Tanpa Baby Walker

Begitu bayi sudah memasuki usia 8 bulan, banyak orang tua yang membelikannya baby walker. PadahalĀ perkembangan bayi 8 bulan akan lebih baik jika berlangsung secara natural. Karena jika diberi baby walker, buah hati Mom jadi malas merangkak, merayap, dan berdiri. Desain baby walker membuatnya lebih sering duduk.

Meski kadang suka berdiri dan berjalan dengan alat ini, posisi menekuk lututnya tidak sama dengan menekuk lutut hasil usaha sendiri. Selain itu, alat ini juga bisa dipijaknya sehingga mampu meraih benda-benda berbahaya di ketinggian tertentu, misalnya kompor yang sedang menyala atau masakan panas yang baru matang di atas meja.

  1. Dukung Tumbuh Kembang Bayi 8 Tahun ke Atas dengan Mengamankan Rumah

Selain sudah bisa berjalan, perkembangan bayi 8 bulan juga diiringi dengan rasa penasaran yang semakin meningkat. Merangkak pun sudah semakin lancar sehingga penting untuk Mom mengamankan rumah dari barang-barang berbahaya seperti benda tajam, perabotan runcing, colokan listrik, dan lainnya.

Kemudian, sesibuk apapun Mom sebaiknya buah hati tidak jauh dari jangkauan pandangan. Bisa jadi dia merangkak menuju tangga dan berusaha menaikinya. Meski berhasil melewati beberapa anak tangga, ada kemungkinan si kecil merasa lelah yang kemudian bisa membuatnya terpeleset.

  1. Dukung Tumbuh Kembang Bayi 8 Tahun ke Atas dengan Mainan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi 8 bulan juga bisa Mom dukung dengan beragam mainan. Caranya yaitu letakkan mainan favoritnya di atas kursi lalu panggil namanya. Tunjuk mainan yang Mom letakkan di atas kursi tersebut. Mengingat perkembangan sistem koordinasinya yang sudah meningkat, maka mudah baginya untuk melakukan aktivitas ini.

Bayi 8 bulan juga sedang dalam masa aktif sehingga mainan akan memudahkan Mom untuk mengajaknya bermain. Lakukan permainan ini secara berulang. Tapi, pastikan agar si kecil tidak mengalami dehidrasi dan kelaparan dengan menyelinginya dengan memberi ASI atau susu formula serta MPASI.

Beberapa produsen susu formula dan MPASI memahami kebutuhan si kecil yang sedang dalam periode emasnya. Jadi tidak heran jika saat ini beberapa susu formula dan MPASI yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan beragam mainan yang bisa meningkatkan perkembangan otaknya.

Dengan cara ini dijamin dia akan mendekat dengan cara merangkak, lalu perlahan berdiri dengan menopang pada rangka kursi untuk meraih mainan kesukaannya tersebut. Jika perkembangan bayi 8 bulan tidak diiringi dengan kemampuan untuk berdiri dan berjalan sementara dia juga tidak lahir prematur, segera bawa lalu periksakan ke dokter.

Baca Juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *